Tempat Wisata Island Hoping

//Tempat Wisata Island Hoping

Belitung adalah pulau penghasil timah yang menjadi populer sebagai tujuan wisata sejak diperkenalkan melalui novel dan film Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Salah satu aktivitas wisata yang populer di Belitung adalah island hopping Belitung, yaitu berkeliling pulau-pulau kecil berpasir putih dan berhias batu-batu granit di sisi utara Belitung.

Perjalanan melakukan island hopping Belitung berawal dari pantai wisata Tanjung Kelayang. Wisatawan bisa menyewa perahu nelayan dengan biaya sekitar Rp 350.000,-. Jangan lupa untuk menyewa jaket penyelamat di warung-warung yang tersedia di pantai Tanjung Kelayang, untuk memastikan perjalanan Anda tidak hanya menyenangkan, tetapi juga aman.

Salah satu pulau yang sering dikunjungi di utara Belitung adalah Pulau Pasir. Pulau ini berbentuk gundukan pasir putih, dan hanya terlihat ketika air surut. Saat air surut, wisatawan bisa mengunjungi pulau ini sambil mencari bintang laut. Pulau kecil lain yang juga menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Babi Kecil. Pada pulau tersebut terdapat batu granit terbesar di gugusan pulau-pulau di utara Belitung. Wisatawan bisa naik ke atas batu granit itu untuk berfoto sambil menikmati pemandangan.

Tujuan favorit wisatawan di gugusan pulau-pulau Belitung utara adalah Pulau Lengkuas, yang merupakan pulau terluar di gugusan pulau-pulau tersebut. Keistimewaan pulau ini adalah adanya mercusuar buatan tahun 1882 setinggi 60 meter, yang masih berfungsi untuk memandu kapal yang akan keluar-masuk Belitung. Wisatawan umumnya mengunjungi pulau ini pada jam makan siang. Karena di pulau ini tidak ada penjual makanan, wisatawan biasanya membawa makanan sendiri, atau membeli makanan sebelum berangkat dari warung-warung di Pantai Tanjung Kelayang.

Perjalanan island hopping Belitung kemudian dilanjutkan ke Pulau Burung. Nama pulau ini berasal dari formasi batu granit yang berbentuk seperti paruh burung. Dalam perjalanan kembali ke Pantai Tanjung Kelayang, nelayan akan membawa kapal melewati Batu Berlayar, yaitu formasi batu granit yang berbentuk seperti layar perahu. Jika air sedang surut, wisatawan dapat berfoto di dekat formasi batu granit ini.

(sumber: bundadanbisnis.com)

2018-07-24T17:03:32+00:00 Artikel|