Keindahan Pulau Belitung, Negrinya Laskar Pelangi

//Keindahan Pulau Belitung, Negrinya Laskar Pelangi

Bagi orang yang memiliki hobi travelling tentu mereka selalu menyediakan waktu secara berkala untuk berlibur dan menikmati suasana alam yang sulit untuk ditemui di perkotaan sekarang ini. Mayoritas orang lebih menyukai liburan ke luar negeri dibandingkan dalam negeri. Padahal tempat wisata di Indonesia tidak kalah menarik dengan tempat wisata yang ada di luar negeri. Sebut saja Pantai Kuta di Bali, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, Gunung Bromo di Jawa Timur, Raja Ampat di Papua, Gunung Kelimutu dan Danau Tiga Warna di Nusa Tenggara Timur. Tapi seiring berjalannya waktu, orang mulai bosan dengan tempat yang itu-itu saja sehingga mereka mulai menjelajahi daerah yang satu lalu ke daerah lainnya untuk mencari destinasi baru yang belum banyak didatangi orang.

Salah satunya adalah Pulau Belitung yang berada di Provinsi Bangka Belitung. Padahal dulu tidak banyak yang tahu keindahan tempat wisata yang ada di Belitung. Tetapi sejak munculnya film Laskar Pelangi yang mengambil lokasi di Belitung, keindahan Belitung mulai dikenal banyak orang dan akhirnya sekarang menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi para wisatawan dan Pulau Belitung dijuluki Negeri Laskar Pelangi.

Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung yang beribu kota di Tanjung Pandan dan Belitung Timuryang beribu kota di Manggar. Secara geografis Pulau Belitung terletak pada 107°31,5′-108°18′ BT dan 2°31,5′-3°6,5′ LS. Secara keseluruhan luas pulau Belitung mencapai 4.800 km² atau 480.010 hektar. Pulau Belitung di sebelah utara dibatasi oleh Laut Cina Selatan, sebelah timur berbatasan dengan Selat Karimata, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa, dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Gaspar. Di sekitar pulau ini terdapat pulau-pulau kecil seperti Pulau Mendanau, Kalimambang, Gresik, Seliu, dan lain-lain.

Berikut ini daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Pulau Belitung.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan di Desa Tanjung Tinggi, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai dengan ciri khas pasir putih, air laut yang jernih, dan jejeran batu granit dengan berbagai macam bentuk dan ukuran di sepanjang pantai ini digunakan sebagai salah satu lokasi syuting untuk film Laskar Pelangi dan cukup terkenal di Belitung. Ombak di Pantai Tanjung Tinggi juga relatif tenang sehingga Anda bisa berenang dengan aman tanpa takut terbawa ombak. Selain itu di tepi pantai juga terdapat warung-warung yang menjajakan seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda setelah puas bermain air.

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak di sebelah utara Pulau Belitung, tepatnya di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dan menjadi pantai kedua yang terkenal setelah Pantai Tanjung Tinggi. Di pantai ini terdapat batu Kelayang yang merupakan maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terdiri dari 2 bagian, yaitu sebelah barat dengan gugusan batu granit dan sebelah timur berupa hamparan pasir putih. Di sini Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti menyelam, berenang, berjemur, memancing, dan lain-lain.

3. Pulau Lengkuas

Pulau ini berada di sebelah utara Pulau Belitung, 30 km dari Tanjung Pandan dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit perjalanan untuk sampai ke pulau ini. Di Pulau Lengkuas terdapat sebuah mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882 dengan tinggi mencapai 65 meter, memiliki 18 lantai dan 313 anak tangga. Mercusuar ini digunakan sebagai alat pemandu kapal agar tidak menabrak karang di malam hari dengan memancarkan cahaya yang berfungsi sebagai lampu penanda. Anda bisa naik ke atas mercusuar ini hanya dengan membayar Rp 5.000,00 dan Anda bisa menikmati pemandangan eksotis pantai-pantai di Belitung dari ketinggian. Selain ke mercusuar, Anda juga bisa snorkeling di pulau ini sambil menikmati keindahan bawah laut dan melihat banyak terumbu karang.

4. Pantai Punai

Pantai Punai berlokasi di sebelah tenggara Belitung, tepatnya di Desa Tanjung Kelumpang. Berbeda dengan pantai lainnya di Belitung yang memiliki batu granit besar, di pantai ini Anda akan mendapati hamparan pasir putih dengan batu granit kecil dan suasana yang lebih tenang. Di depan pantai ini ada pulau kecil yang bernama Pulau Punai yang dulunya terdapat banyak sekali burung punai. Untuk menuju pulau ini, Anda hanya perlu berjalan kaki jika air sedang surut.

5. Pulau Pasir

Pulau Pasir sebenarnya adalah sebuah tumpukan daratan yang hanya terdiri dari pasir. Saat air laut surut, tumpukan pasir ini akan terbentuk seperti pulau dan banyak wisatawan yang singgah di pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan. Sedangkan saat air laut pasang, seluruh daratan ini akan tenggelam di bawah air laut. Pulau ini luasnya hanya sebesar setengah lapangan sepak bola. Di sini Anda dapat melihat banyak bintang laut yang menjadi ciri khas pulau ini.

6. Danau Kaolin

Danau Kaolin terletak di Jalan Murai, Desa Perawas, Kecamatan Tanjung Pandan. Danau ini sebenarnya bukan danau alami, melainkan bekas lubang galian pertambangan yang terisi air hujan dan lama-kelamaan membentuk danau. Keindahan tempat ini merupakan perpaduan antara air danau yang berwarna biru dan kaolin yang berwarna putih. Tempat ini sering dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu spot foto terbaik di Belitung.

7. SD Laskar Pelangi

SD Muhammadiyah Gantong, yang lebih dikenal dengan nama SD Laskar Pelangi ini merupakan gedung utama tempat lokasi syuting film Laskar Pelangi. Gedung ini merupakan replika dari bangunan aslinya yang sudah tidak ada lagi sekarang. Anda bisa masuk ke dalam dan merasakan suasana sekolah di gedung yang sangat sederhana ini ditambah bangku dan kursi yang sebagian telah rusak dan atapnya yang berlubang di sana-sini.

8. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata berada tidak jauh dari bangunan SD Laskar Pelangi. Museum Kata Andrea Hirata adalah museum literatur pertama di Indonesia. Anda bisa menemukan berbagai karya Andrea Hirata di museum yang berbentuk rumah tua ini, termasuk koleksi dari film Laskar Pelangi. Anda juga bisa membaca cerpen khusus yang dibuat oleh Andrea Hirata yang hanya ada di sini, tidak diterbitkan untuk umum. Museum ini dibangun oleh Andrea Hirata untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di Desa Gantong untuk mengembangkan bakat seni mereka. Selain itu, di museum ini terdapat Warkop “Kupi Kuli” yang menyediakan kopi tubruk yang diseduh dengan air panas yang dimasak di atas tungku yang masih menggunakan kayu bakar dan rasanya begitu nikmat. Anda bisa mencobanya jika penasaran dengan rasa kopi tersebut.

9. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam terletak di kota Tanjung Pandan, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung dengan luas kurang lebih 22 hektar. Pantai ini mempunyai air laut yang jernih dan merupakan pusat yang menghubungkan Pulau Belitung dengan pulau-pulau di sekitarnya. Pantai ini selalu ramai didatangi wisatawan lokal maupun mancanegara saat sunset karena pemandangannya yang begitu indah. Terkadang masyarakat setempat menampilkan kebudayaan lokal dan menambah daya tarik pantai ini. Selain itu, para wisatawan juga dapat melihat pemandangan Pulau Kalimua yang letaknya berada di tengah Pantai Tanjung Pendam. Konon katanya, pulau ini dipercaya oleh warga Tionghoa sebagai tempat untuk membuang sial. Di sini juga disediakan tempat penginapan dan rumah makan.

10. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini adalah salah satu pantai yang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jika biasanya pantai dihiasi pohon kelapa, di Pantai Nyiur Melambai ini justru ditumbuhi oleh pohon pinus dengan pasir putih khas pantai Belitung. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, suasananya teduh dan sejuk, kontur pantai yang melandai, dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga aman bagi para wisatawan yang ingin berenang. Di sini disediakan fasilitas olahraga seperti lapangan voli pantai, lapangan futsal, dan fasilitas panjat tebing buatan.

Selain 10 tempat wisata di atas, tentu masih ada banyak tempat wisata lainnya di Belitung. Bukit Berahu, Pantai Penyabong, Pulau Memperak, Kampoeng Ahok, Pantai Burung Mandi, Pulau Batu Berlayar, Tugu Batu Satam, Pulau Burung, dan lain-lain.

Sebagai penutup, saya ingin mengajak para pembaca mari kita berwisata di negeri sendiri, kita explore dan kita nikmati keindahan alam yang telah diciptakan oleh Tuhan di negara kita, Indonesia, because Indonesia as a whole is a great place to visit!

2018-07-24T16:58:26+00:00 Artikel|